Home » » Komponen Dasar Ms. Excel 2007

Komponen Dasar Ms. Excel 2007

1. Office Button
   Merupakan pengganti menu file yang terdapat pada Ms. Excel versi sebelum 2007. Berisi perintah-paerintah standar untuk mengoperasikan dokumen, seperti membuka , menyimpan, menutup, mencetak dan sebagainya.

2. Quick Acces Toolbar
   Tombol-tombol yanng terdapat pada quick acces memiliki keistimewaan khusus, terletak di bagian sudut kitri atas lembar kerja. ikon yang terdapat pada quick acces toolbar, secara default adalah ikon yang terkait dengan perintah save, undo dan redo. anda dapat menambahkan beberapa ikon quick acces toolbar sesuai dg kebutuhan.

3. Title Bar
   Terletak di bagian paling atas pada jendela aplikasi.

4. Baris Tab (Tabs)
   Merupakan bagian yang berbentuk tabulasi dan berisi serangkaian grup yang memuat beberapa tombolperintah utk mengoperasikan Ms. Excel

5. Ribbon
   Terletak dibawah tiitle bar , Merupakan bilah yang berisi perintah-perintah dalam bentuk ikon berlabel yang dikelompokkan ke dalam beberapa teb.

6. Name Box
   Merupakan letak pointer mouse berada. Penulisan alamatsel diawali nama kolom diikuti nama baris. Misalnya alamat sel A1, terletak pada kolom A baris 1

7. Formula Bar
   Terletak dibawah ribbon disebelah kanan alamat sel. bilah ini digunakan untuk menuliskan isi sel yang aktif. Isi dapat berupa angka , teks ataupun rumus. terdapat ikon cancel, enter dan insert function.

8. Grup
   Terletak dibawah Tab dan berisi sederetan tombol-tombol perintah dalam ms excel utk menjalankan suatu proses tertentu.

9. Kolom
   mulai dari huruf A hingga XFD. Lebar kolom max 255

10. Cell Aktif
   Sel merupakan bagian terkecil dari workbook. cell aktif merupakan bagian cell yang sedang ditunjuk oleh pointer mouse.

11. Baris
   Mulai dengan angka 1 hingga 1.084.576 dan batas ketinggian max 409 mm

12. Navigasi Sheet
   Merupakan sederetan tombol perintah yang berfungsi utk pindah antar sheet yg aktif

13. Tabulasi sheet
   merupakan lembar kerja utama ms excel yang berfungsi utk menampung seluruh data dan formula yang akan digunakan sbg sumber data pembentuk tabel atau laporan.

14. Insert worksheet
    Berfungsi untuk menambah atau menyisipkan worksheet baru

15. Pengatur tampilan lembar kerja
    Berfungsi untuk mengatur tampilan  dokumen dalam lembar kerja

16. Zoom Level
    Untuk mengatur ukuran tampilan dokumn dalam bentuk lembar kerja

17. Penggulung horizontal
     untuk menggeser layar ke kanan atau ke kiri

18. Penggulung ver tikal
     untuk menggulung layar ke atas atau ke bawah.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda sangat diharapkan

 
Copyright © 2013. AMATULLAAH - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger